Rabu, 18 Juni 2008

PEMERIKSAAN TEKANAN DARAH DPC PKS PANCORAN



Hipertensi adalah penyakit yang terjadi akibat peningkatan tekanan darah. Hipertensi seringkali tidak menimbulkan gejala, sementara tekanan darah yang terus menerus tinggi dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan komplikasi. Oleh karena itu, hipertensi perlu dideteksi dini yaitu dengan pemeriksaan tekanan darah secara berkala.

Angka kematian akibat penyakit kardiovaskular (termasuk hipertensi) juga enam kali lebih tinggi dari penyakit kanker. Hipertensi sering disebut juga sebagai pembunuh tersembunyi (silent killer), karena gejalanya tidak dirasakan seseorang selama bertahun-tahun sampai akhirnya muncul masalah serius.
Dalam kenyataan, 50% penderita hipertensi tidak menunjukkan gejala yang jelas, apalagi bila masih dalam taraf awal. Satu-satunya jalan untuk mengetahuinya adalah melakukan kontrol teratur terutama bagi yang berusia di atas 40 tahun. Untuk mereka yang mempunyai bawaan atau keturunan, pengontrolan hendaknya sudah dimulai sejak usia 20 - 30-an.
Dalam rangka itu semua, tim Constituent Service (Ekuinbangkesra) DPC PKS Pancoran bergerak cepat mengadakan pemeriksaan tekanan darah gratis pada hari minggu 27 April 2008. Sembari ingin mendekatkan diri ke constituent selama program “PKS mendengar” dipilihlah tempat wilayah STEKPI yang cukup ramai, dimana setiap hari minggu sekitar ratusan orang berkumpul di wilayah tersebut.
Dengan tenaga medis 2 orang dokter, 2 orang bidan serta 1 orang perawat, selama 3 jam (dari jam 6.00 sampai 09.00) alhamdulillah terlayani 97 orang. Domisili masyarakat yang terlayani cukup beragam, walaupun tetap yang paling dominan adalah dari warga kecamatan Pancoran tapi ada juga yang paling jauh dan lintas daerah, yaitu dari kelurahan Makasar Jakarta Timur. Usia masyarakat yang terlayani pun bervariasi dari yang sudah tua sampai yang remaja (abg).
Sembari pemeriksaan tersebut dilakukan, dibagikan pula brosur kesehatan tentang pentingnya mengetahui tentang “Tekanan Darah Tinggi”, sebanyak 200 lembar brosur kesehatan habis terbagikan ke masyarakat sekitar yang sedang jalan mapun berkendaraan di sekitar STEKPI.

Tanggapan yang muncul dari masyarakat pun sangat positif. Kita mendapatkan beberapa masukan dari masyarakat diantaranya ada yang meminta frekuensinya dipersering, lebih bervariasi misalnya ditambah dengan tes gula darah serta tidak hanya ada di satu tempat.

InsyaAlloh dengan semangat bersih peduli dan professional, kita dari PKS Pancoran akan selalu memberikan yang terbaik buat masyarakat. (andrian-cs)

Tidak ada komentar: